Sejarah

Pondok Pesantren Mahasiswa Muhammadiyah Zam-zam Purwokerto,  merupakan pondok pesantren Fillial dari Ponpes Modern Zam-zam Muhammadiyah yang beralamat di Jl. Masjid Baitul Matien Komplek Perguruan Muhammadiyah Desa Pernasidi Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas Jawa Tengah. Pondok Pesantren Mahasiswa Muhammadiyah Zam-zam Purwokerto dirikan sebagai sikap partisipasif konstruktif edukatif dalam hal peningkatan kemampuan BTA dan Praktik Ibadah yang diprogramkan oleh pihak IAIN Purwokerto. Program peningkatan kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an dan Praktik Pengamalan Ibadah (BTA dan PPI) digulirkan sejak +  15 tahun yang lalu. Namun program dimaksud belum diikuti dengan pendidikan yang terstruktur dan terprogram dengan baik, sehingga para mahasiswa diberi kebebasan untuk menempuh pendidikan secara bebas (Jawa : ngaji) di TPQ-TPQ atau pondok pesantren yang dipilihnya. Sebagai akibatnya hasil (kompetensi) yang diharapkan juga belum dan tidak sesuai dengan harapan.

Untuk mengoptimalkan program peningkatan kompetensi mahasiswa IAIN Purwokerto dalam bidang BTA dan PPI, maka sejak tahun 2005 pimpinan IAIN Purwokerto menggulirkan program “Pesantrenisasi” bagi mahasiswa baru IAIN Purwokerto. Program ini ternyata  dapat berjalan dengan baik dan cukup mendukung tercujudnya alumni yang berkemampuan dasar bidang BTA dan PPI. Program pesantrenisasi yang bagi mahasiswa baru IAIN Purwokerto dilakukan dengan melakukan kerjasama dengan Pondok pesantren-pondok pesantren yang ada di wilayah Purwokerto. Dari jumlah ponpes yang ada di wilayah Purwokerto (sekitar 20 ponpes) ternyata tetap tidak bisa menampung seluruh mahasiswa baru setiap tahunnya (karena daya tampung setiap Ponpes sangat terbatas, ditambah adanya mahasiswa IAIN dan luar IAIN yang ikut “ngaji” walaupun sudah lulus BTA dan PPI.

Melihat kenyataan di atas, pimpinan PPM (Pusat Penjaminan Mutu) IAIN Purwokerto saat itu (Drs. Attabik, M.Ag) melakukan  komunikasi  intensif dengan tokoh organisasi keagamaan/Muhammadiyah (Dr. H. Muh. Hizbul Muflihin, M.Pd) untuk membicarakan kemungkinan didirikannya Ponpes baru. Setelah dilakukan konsultasi dengan beberapa pihak, Ponpes Mahasiswa Muhammadiyah Zam-zam Purwokerto mengirimkan surat kepada PPM IAIN Purwokerto,   dengan Nomer .039/SPK/PPMZ/1/2014, tanggal 30 Rabi’ul Awal 1435 H/, bertepatan dengan tgl. 01 Februari 2014 M, yang berisi permohonan kerjasama dalam penyelenggaraan pendidikan BTA dan PPI bagi mahasiswa  baru IAIN Purwokerto. Dalam waktu yang  tidak terlalu lama terbitlah surat rekomendasi dari PPM (kini Ma’had ‘Ali) IAIN Purwokerto No. Sti.23/LPM/PP.009/53/2015 tertanggal, 27 April 2015 tentang penetapan Pondok pesantren Mahasiswa Muhammadiyah Zam-zam Purwokerto sebagai mitra IAIN Purwokerto dalam penyelenggaraan pendididikan BTA dan PPI. Seiring dengan keluarnya surat rekomendasi di atas, ditetapkan pula Dr. H. Muh. Hizbul Muflihin, M.Pd sebagai pengasuh utama/musyrif utama di Ponpes Zam-zam Purwokerto.